Desa Kemambang Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang

: Jl R A Maskumambang Km 03 Kode Pos 50664 | : 0 | :

 Asal usul Desa Kemambang menurut cerita legenda yang “bobak cithak” Desa Kemambang adalah seorang putri keturunan dari kerajaan Demak Bintoro "Raden Ayu Mas Kumambang" beliau mengembara hingga akhir hayat beliau di Bang kulon .Nama Desa Kemambang sendiri di ambilkan dari nama Putri "Raden  Ayu Mas Kumambang" yang kemudian diabadikan menjadi Desa Kemambang Hingga sekarang.

Desa Kemambang terbagi menjadi tiga wilayah yaitu wilayah Kemambang Utara, wilayah Kemambang Selatan dan wilayah Kemambang Timur. Sedangkan untuk  wilayah Kemambang Barat tidak ada. Wilayah Kemambang Barat ada di luar desa yaitu di Makam Punden.

1)    Luas Wilayah

Desa Kemambang Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Luas Desa Kemambang secara keseluruhan sebesar 393,935 Ha, secara administratif terdiri 6 wilayah Dusun, 5 Rukun Warga (RW), dan 12 Rukun Tetangga (RT).

2)    Topografis

Ketinggian wilayah Desa Kemambang berada pada kisaran antara 700 meter di atas permukaan laut (dpl), dengan ketinggian terendah berada di Dusun Jeporo dan tertinggi di Dusun Puwono.

3)     Batas Administrasi

         Desa Kemambang Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang secara geografis terletak pada 110°14’54,75’’ sampai dengan 110°39’3’’ Bujur Timur dan 7°3’57” sampai dengan 7°30’ Lintang Selatan. Secara administratif letak geografis Desa Kemambang dibatasi oleh 4 Desa  pada sisi-sisinya.

Batas-batas wilayah administratif pemerintahan Desa Kemambang  Kecamatan Banyubiru  sebagai berikut     :

  • Sebelah Utara                      :  Desa Kebondowo
  • Sebelah Selatan                  :  Desa Sepakung
  • Sebelah Barat                       :  Desa Wirogomo
  • Sebelah Timur                      :  Desa Kemambang 

 

ALBUM